Cara Membuat Lagu

Cara Membuat Lagu Menggunakan Komputer Sendiri dirumah - Cara Membuat Lagu mulai dari menciptakan sebuah lagu dan melakukan proses rekaman sebenarnya bisa dilakukan sendiri tanpa biaya yang mahal (murah).
Bahkan tanpa memiliki alat musik gitar, Keyboard, drum, Bass, dan alat musik lainnya, proses membuat sebuah lagu tetap bisa dilakukan, dasarnya hanyalah kemauan.

Percaya tidak? tanpa punya alat musik kita juga bisa membuat lagu sendiri dan bisa dilakukan walaupun diruang kamar tidur yang berantakan. Yang penting didalam kamar tersebut tersedia sebuah komputer yang akan digunakan untuk membuat suara - suara musik dan juga melakukan proses rekaman yang akan kita lakukan. Nah, dibawah ini akan dijelaskan bayangan secara singkat saja apa yang harus disiapkan dan proses apa saja yang harus dilakukan.

Menciptakan lagu
Ini adalah yang pertama yang sudah ada, yaitu sebuah lagu ciptaan sendiri. Dengan adanya sebuah lagu, berarti kita sudah punya bayangan seperti apa Aransemen musik yang akan menjadi pengiring lagu tersebut.

Software pembuat suara musik
Saya sendiri menggunakan FL Studio atau Fruity Loops untuk membuat suara - suara musik. Software ini lumayan canggih, semua suara alat musik sudah ada didalamnya. Bahkan jika memang suara musik yang kita inginkan tidak ada atau tidak ditemukan, kita bisa membuat kreasi suara musik sendiri dengan program tersebut. Efek - efek suara yang dihasilkan juga lumayan bagus jika kita sudah pandai menggunakan program ini.


Program perekam suara dan penyusun suara musik
Magix Music Maker adalah Software yang sampai saat ini saya gunakan untuk melakukan proses rekaman suara saat mengisi vokal dan menyusun suara - suara musik yang dihasilkan melalui Fruity Loops. Sebenarnya Magix Music Maker ini juga memiliki suara alat musik yang bisa kita hasilkan, jadi kalau tidak ingin repot, bisa membuatnya langsung menggunakan software ini. Kalau saya sendiri sudah terbiasa membuat menggunakan Fruity loops dan mengekspornya ke program Magix, kadang juga memadukan keduanya.

Alat untuk merekam suara Vokal
Untuk merekam suara cukup menggunakan microphone khusus komputer yang harganya cukup murah, 10 ribu hingga 20 ribu saja, Mic tersebut bisa digunakan untuk mengisi suara kita bernyanyi untuk melengkapi suara musik yang sudah kita buat. Dibawah ini bisa dilihat contoh gambar mic nya. Tapi tidak perlu membeli satu set lengkap dengan tempatnya. Cukup mic nya saja juga ada dijual di toko - toko elektronik. Atau bisa juga menggunakan Mic yang biasanya ada di Headphone.

Penjelasan tentang Cara Membuat Lagu Menggunakan Komputer Sendiri dirumah mungkin kurang begitu detail, karena bagi saya lebih mudah memberikan penjelasan dengan praktek langsung daripada harus memberikan teori. Tapi apa yang saya sampaikan diatas bukanlah sekedar teori yang asal - asalan saja yang didapatkan melalui orang lain, tapi murni dari pengalaman pribadi yang sudah dan bisa dibuktikan.

Hasilnya bisa didengarkan dibawah ini, tapi dalam lagu ini sudah saya masuki unsur suara alat musik asli yaitu Gitar dan Bass saja, sementara suara alat musik lainnya adalah murni menggunakan program yang sudah saya sebutkan diatas.
9out of 10 based on 9.999 ratings. 99 user reviews.

4 comments:

  1. Sip Deh , Lagu Nya Bagus Bangat Kak

    ReplyDelete
  2. mas ini pakek program apa mas,..,.,

    ReplyDelete
  3. cara membuat fill in (variasi ketukan drum) gimana mas ?

    ReplyDelete
  4. caranya nambah variasi drum (fill in) gimana mas ?

    ReplyDelete